Kurikulum 2017

KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

TAHUN 2017

 

A.  VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Fisika Terkemuka Berbasis Riset, Inovatif dalam Pendidikan dan Tanggap Terhadap Perkembangan IPTEKS Pada Tahun 2025


B.  MISI

MisiProgram StudiPendidikan Fisika:

1.    Menyelenggarakan dan mengembangkan program studi untuk menghasilkan manusia terdidik dan berakhlak mulia yang dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni;

2.    Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni;

3.    Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni.

 

C.  TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Fisika menghasilkan:

1.    pendidik bidang fisika yang berakhlak mulia, berkepribadian, dan mandiri, dan berkualitas dalam bidang pendidikan fisika;

2.    peneliti bidang pendidikan fisika yang inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, ilmu pengetahuan, dan/atau seni;

3.    pengelola laboratorium yang terampil dalam mengelola laboratorium pendidikan fisika;

4.    pengelola lembaga pendidikan yang memiliki kompetensi menejerial dalam mengelola lembaga pendidikan.

 

D.  PROFIL LULUSAN

Profil lulusan program studi pendidikan fisika adalah sarjana pendidikan fisika yang mampu bertindak sebagai pendidikbidang fisika, peneliti bidang pendidikan fisika,dan pengelola laboratorium sertalembaga pendidikanyang memiliki kompetensi minimal sebagai berikut:

1.      SIKAP

a.         Bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;

b.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

c.         Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.        Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa;

e.         Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuanorisinal orang lain;

f.         Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g.        Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;

h.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i.          Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

j.          Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

2.      PENGETAHUAN

a.         Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir Ilmiah;

b.        Menguasai strategi pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skills) pada pembelajaran fisika;

c.         Menguasai kurikulum fisika sekolah dan implementasinya dalam pembelajaran fisika untuk mendiagnosis dan membantu kesulitan belajar peserta didik;

d.        Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual, khususnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar;

e.         Menguasai metode penelitian pendidikan fisika;

f.         Menguasai pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan;

g.        Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika;

h.        Menguasai konsep fisika, pola pikir keilmuan fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pembelajaran fisika di sekolah dan pendidikan lanjut.

 

3.      KETERAMPILAN

a.    Keterampilan Umum

1)        Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan fisika;

2)        Menunjukkankinerjamandiri, melakukan pengaturan diri, bermutu, dan terukur;

3)        Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang pendidikan fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain;

4)        Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5)        Mengambilkeputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan fisika, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6)        Memelihara dan mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7)        Bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

8)        Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

9)        Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

10)    Menemukancara belajar yang tepat sesuai dengan sikap dan persepsinya terhadap belajar.

 

b.   Keterampilan Khusus

1)        Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktivitas untuk mengembangkan kemampuan berpikir, dan sikap ilmiah pada pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi  dan lingkungan sekitar;

2)        Mengkaji dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran inovatif yang telah teruji ;

3)        Melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah;

4)        Mengelola sumber daya dan aktivitas yang mencakup penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan secara komprehensif;

5)        Mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya.

 

DESKRIPSI PROFIL LULUSAN

PROFIL LULUSAN

DESKRIPSI PROFIL LULUSAN

1

Pendidikbidang Fisika

a.       Mampu menguasai konten ilmu fisika

b.      Mampu menguasai kemampuan pedagogik fisika

2

PenelitiBidangPendidikan Fisika

Mampu merencanakan, melaksanakandan mempublikasikan kegiatan penelitian pendidikan fisika

3

Pengelola Laboratorium

Mampu mengelola sumber daya laboratorium pendidikan fisika meliputi perencanaan, penataan, administrasi, dan keselamatan kerja laboratorium.

4

Pengelola Lembaga Pendidikan

Mampu mengelola lembaga pendidikan dan memiliki kemampuan manajerial yang berhubungan dengan bidang pendidikan fisika.

 

E.  CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Untuk mencapai kompetensi tersebut maka disusun capaian pembelajaran lulusan yang diuraikan ke dalam tiga aspek berikut ini:

1.      SIKAP DAN TATA NILAI

a.         Bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;

b.        Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

c.         Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.        Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa;

e.         Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuanorisinal orang lain;

f.         Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g.        Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;

h.        Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i.          Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

j.          Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

2.      KEMAMPUAN BIDANG PENGETAHUAN

a.         Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir Ilmiah;

b.        Menguasai strategi pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skills) pada pembelajaran fisika;

c.         Menguasai kurikulum fisika sekolah dan implementasinya dalam pembelajaran fisika untuk mendiagnosis dan membantu kesulitan belajar peserta didik;

d.        Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual, khususnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar;

e.         Menguasai metode penelitian pendidikan fisika;

f.         Menguasai pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan;

g.        Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika;

h.        Menguasai konsep fisika, pola pikir keilmuan fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pembelajaran fisika di sekolah dan pendidikan lanjut;

i.          Menguasai konsep dan pola pikir ilmu pengetahuan alam berdasarkan fenomena alam yang memberikan dasar-dasar keilmuan pengetahuan alam;

j.          Mampu menguasai hakikat pendidikan dan pelaksanaan pendidikan;

k.        Mampu menguasai hakikat sains dan pelaksanaannya.

 

3.      KEMAMPUAN BIDANG PEKERJAAN

a.    Keterampilan Umum

1)        Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasiilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan fisika;

2)        Menunjukkankinerjamandiri, melakukan pengaturan diri, bermutu, dan terukur;

3)        Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang pendidikan fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain;

4)        Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5)        Mengambilkeputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan fisika, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6)        Memelihara dan mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7)        Bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

8)        Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

9)        Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

10)    Menemukancara belajar yang tepat sesuai dengan sikap dan persepsinya terhadap belajar.

b.   Keterampilan Khusus

1)   Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktivitas untuk mengembangkan kemampuan berpikir, dan sikap ilmiah pada pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi  dan lingkungan sekitar;

2)   Mengkaji dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran inovatif yang telah teruji;

3)   Melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah;

4)   Mengelola sumber daya dan aktivitas yang mencakup penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan secara komprehensif;

5)   Mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya;

6)   Menguasai keterampilan menggunakan berbagai alat dan bahan praktikum fisika dan menyajikan dalam laporan ilmiah.

7)   Mengkaji dan menerapkan berbagai konsep fisika dan menyajikannya dalam bentuk karya ilmiah


F.   STRUKTUR KURIKULUM

a.    Struktur Kurikulum

No

Kelompok Mata Kuliah

SKS

1

Mata Kuliah Umum (MKU)

10

2

Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK)

15

3

Mata Kuliah Program Studi (MKPS)

 

 

3.1.     Mata Kuliah Bidang Keahlian dan Penunjang (MBKP)

98

 

3.2.     Mata Kuliah Pembelajaran (MKP)

21

JUMLAH

144

 

b.   Sebaran Mata Kuliah (Blok Per-Semester)

 

SEMESTER 1

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

1

UNI101117

Pendidikan Agama

2

2

UNI102117

Pendidikan Kewarganegaraan

2

3

UNI103117

Bahasa Inggris

2

4

GIP201117

Pengantar Pendidikan

2

5

GFI301117

Kalkulus

3

6

GFI302117

Biologi Umum

3

7

GFI303117

Kimia Dasar

2

8

GFI304117

Fisika Dasar

3

9

GFI305117

Praktikum Fisika Dasar

1

JUMLAH

20

 

SEMESTER 2

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

1

UNI104117

Pancasila

2

2

UNI105117

Bahasa Indonesia

2

3

GIP202117

Sejarah dan Perkembangan Pendidikan

2

4

GFI306117

Praktikum Kimia Dasar

1

5

GFI307117

Pendahuluan Matematika Fisika

3

6

GFI308117

Mekanika

3

7

GFI309117

Praktikum Mekanika

1

8

GFI310117

Sejarah Fisika

2

9

GFI401117

Kajian Kurikulum Sekolah

2

10

GFI402117

Media Pembelajaran Fisika

3

JUMLAH

21

 

SEMESTER 3

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

1

GIP203217

Perkembangan Peserta Didik

3

2

GFI311217

Matematika Fisika

3

3

GFI312217

Elektronika Dasar

3

4

GFI313217

Mekanika Lanjut

3

5

GFI314217

Statistika Dasar

3

6

GFI315217

Gelombang

3

7

GFI316217

Praktikum Fisika Sekolah

2

8

GFI317217

Pengembangan Bahan Ajar Fisika

2

JUMLAH

22

 

SEMESTER 4

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

1

GIP204217

Belajar dan Pembelajaran

3

2

GFI318217

Matematika Fisika Lanjut

3

3

GFI319217

Elektronika Digital

3

4

GFI320217

Termodinamika

2

5

GFI321217

IPBA

2

6

GFI322217

Optik

2

7

GFI403217

Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Fisika

3

8

GFI335217

Psikologi Pendidikan*

2

9

GFI336217

Enterpreunership*

2

10

GFI337217

Manajemen Berbasis Sekolah*

2

11

GFI338217

Komputasi dalam Pembelajaran Fisika** 

2

12

GFI339217

Astrofisika**

2

13

GFI340217

Penulisan Karya Ilmiah**

2

JUMLAH

21

 

SEMESTER 5

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

1

GIP205317

Filsafat Pendidikan

2

2

GFI323317

Listrik Magnet

3

3

GFI324317

Kajian Fisika Sekolah

3

4

GFI325317

Fisika Modern

3

5

GFI326317

Fisika Statistik

3

6

GFI404317

Asesmen Pembelajaran Fisika

3

7

GFI405317

Perencanaan Pembelajaran Fisika

3

8

GFI341317

Fisika Lingkungan*

2

9

GFI342317

Technopreunership*

2

10

GFI343317

Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler*

2

11

GFI344317

Bahasa Inggris untuk Pengajaran Fisika**

2

12

GFI345317

Instrumentasi Fisika**

2

13

GFI346317

Optoelektronika**

2

JUMLAH

22

 

SEMESTER 6

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

 

1

GIP206317

Administrasi dan Manajemen Sekolah

3

2

GFI327317

Pengajaran Fisika Sekolah

3

3

GFI328317

Pendahuluan Fisika Kuantum

3

4

GFI329317

Pendahuluan Fisika Zat Padat

3

5

GFI330317

Pendahuluan Fisika Inti

3

6

GFI331317

Eksperimen Fisika Lanjut

2

7

GFI406317

Penelitian Pendidikan Fisika

3

8

GFI347317

Penelitian Tindakan Kelas**

2

9

GFI348317

Studi Hasil Penelitian Pendidikan Fisika**

2

10

GFI349317

IPA Terpadu**

2

11

GFI350317

Bengkel Fisika**

2

12

GFI351317

Literasi Sains**

2

JUMLAH

22

 

SEMESTER 7

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

1

GFI332417

Kajian dan Aplikasi Fisika

2

2

GFI333417

KKN

4

3

GFI407417

Pengembangan dan Penerapan Perangkat Pembelajaran (P4)

4

4

GFI352417

Manajemen Laboratorium**

2

5

GFI353417

Fisika Material**

2

6

GFI354417

Filsafat Sains**

2

7

GFI355417

Kepemimpinan*

2

8

GFI356417

Olimpiade Fisika**

2

9

GFI357417

Perubahan Konseptual dalam Pembelajaran Fisika**

2

JUMLAH

10

 

SEMESTER 8

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

1

GFI136417

Skripsi

6

JUMLAH

6


 

KETERANGAN:

*   MATA KULIAH PENGGANTI KKN ( Mahasiswa diwajibkan mengambil 4 SKS dari Mata Kuliah Pilihan Pengganti KKN yang ditawarkan)

** MATA KULIA PILIHAN WAJIB (Mahasiswa diwajibkan mengambil 6 SKS dari Mata Kuliah Pilihan Wajib yang ditawarkan)