HIMAPFIS SUKSES MENGGELAR PIA KE-8 TAHUN 2017


KegiatanPhysics In Action KE-8 ini bertemaLeading New Indonesian by Physics to be Indonesian Brilliant. PIA yang berlangsung pada  tanggal 22 September s.d. 14 Oktober 2017 merupakan sarana mempererat silaturahmi dan membangun jaringan sosial antar mahasiswa, mahasiswa dengan masyarakat, dan mahasiswa dengan pelajar dalam upaya pengembangan bakat, kreatifitas dan inteligensi guna membentuk generasi intelektual menuju Indonesia cerdas.

Physics in Action dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Prof. Sofendi M.A., Ph.D., dalam pidatonya diharapkan peserta PIA bersaing secara kompetitif. Dekan menyambut baik kegiatan ini sebagai bagian dari persiapan Program Studi dalam menghadapi akreditasi Program Studi. Hal senada disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Fisika Dr. Ketang Wiyono, M.Pd. yang menyatakan bahwa kegiatan PIA merupakan agenda tahunan HIMAPIS FKIP Unsri dalam rangka melatih mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan berbagai pihak agar mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsri memiliki kemampuan manajerial dalam menyelenggarakan suatu kegiatan.

 

Adapaun rangkaian kegiatan PIA Ke-8 adalah sebagai berikut:

 

Bakti Sosial 

Kegiatan PIA pertama dilakukan pada tanggal 24 September 2017 Bakti Sosial. Kegiatanini berupa kunjungan mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya ke salah satu Desa di kabupaten Ogan Ilir dan tahun ini berkesempatan  di desa Tanjung Baru . Dalam kegiatan ini, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika akan mengumpulkan benda-benda yang layak pakai, kemudian benda-benda yang terkumpul ini akan disumbangkan kepada anak-anak yatim dan Kaum Dhuafa.

Pelatihan Multimedia 

Pelatihan multimedia diadakan pada tanggal 30 september 2017 dan  diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Sriwijaya maupun guru yang berminat. Pelatihan ini berisi pemberian teori mengenai program-program yang dapat digunakan untuk “Pembuatan Media Pembelajaran”, kemudian dilanjutkan dengan praktek penggunaan program tersebutdalam proses pembelajaran dalam pengembangan inovasi dan kreativitas dalam hal ini menggunakan aplikasi Adobe Photoshop dan Adobe Flash. Dengan narasumber Umar Komarudin, S.Pd., M.Pd.

Lomba Cerdas Cermat Fisika SMA/Sederajat 

Lomba 26 September 2017 dan ditujukan pada siswa SMA/Sederajat se-Sumatera. Peserta lomba cerdas cermat fisika adalah tim yang terdiri dari tiga orang siswa. Sistem perlombaan yang digunakan adalah sistem gugur. Seluruh peserta akan mengikuti seleksi tahap I (melalui multiple choice). Kemudian 21 tim yang lolos akan menjalani seleksi tahap II (teori esai). Dari seleksi tahap II akan diambil 9 tim untuk berkompetisi dalam sesi cepat-tepat, dan akhirnya akan diperoleh juara I, II,dan III serta juara harapan. LCCF SMA diikuti oleh 22 SMA dari berbagai kabupaten di Sumatera Selatan

Pemenang  Lomba Cerdas Cermat Fisika SMA :

Juara I : SMA Ignatius Global tim

Juara II : SMA Ignatius Global tim

Juara III : SMA N 17 Plus Palembang

Lomba Komik Fisika 

Lomba Komik Fisika yang diadakan 27 September 2017, merupakan sebuah lomba kreativitas siswa-siswi SMA/se-derajat se-Indonesia. yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika  Universitas Sriwijaya (HIMAPFIS) tahun 2017, dalam rangka meningkatkan daya imajinasi tentang konsep-konsep Fisika dan mengubah pandangan tentang materi Fisika yang selama ini dianggap kaku menjadi menyenangkan. Lomba Komik Fisika diikuti oleh 19 tim dari berbagai sekolah di Sumatera, Jawa, bahkan Sulawesi

Pemenang Lomba Komik Fisika

Juara I : SMAN SUMSEL

Juara II : SMAN 17 PLUS PALEMBANG

Juara III : SMAN 1 SUNGAI LILIN

Lomba Cerdas Cermat Fisika Tingkat SMP

Lomba Cerdas Cermat Fisika SMP dilaksanakan pada hari Senin, 25 September 2017dan  ditujukan pada siswa SMP/Sederajattingkat  Sumatera. Peserta lomba cerdas cermat fisika adalah tim yang terdiri dari tiga orang siswa.Sistem perlombaan yang digunakan adalah sistem gugur. Seluruh peserta akan mengikuti seleksi tahap I (melalui multiple choice). Kemudian 21 tim yang lolos akan menjalani seleksi tahap II (teori essay). Dari seleksi tahap II akan diambil 9 tim untuk berkompetisi dalam sesi cepat-tepat, dan akhirnya akan diperoleh juara I,II,dan IIIserta juara harapan.

Lomba Film Pendek Fisika

Lomba Film Pendek Fisika merupakan sebuah lomba kreativitas siswa-siswi SMP dan SMA/se-derajat se-Indonesia yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika  Universitas Sriwijaya (HIMAPFIS) tahun 2017.dalam rangka meningkatkan daya imajinasi tentang konsep-konsep Fisika berbasis  Audio Visual. Prodi Pendidikan Fisika berharap agar siswa-siswi di Indonesia lebih sadar bahwa Fisika terdapat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Lomba Blog Berbasis Fisika

Lomba Blog Fisika merupakan sebuah lomba antar kreativitas siswa-siswi SMP dan SMA/se-derajat se-Indonesia yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika  Universitas Sriwijaya (HIMAPFIS) tahun 2017dalam rangka meningkatkan daya imajinasi berbasis Media Sosial. Hal ini diharapkan untuk memudahkan siswa-siswi dalam belajar fisika lebih mudah dan lebih efisien.

 

Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion